Pengertian Program Pengolahan Grafis


Program desain grafis adalah program yang biasa digunakan untuk mendesain pamphlet, baliho, poster dsb. Program tersebut, antara lain :

1. Program Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Dpergunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan sejenis. Program ini adalah dapat mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, dan Quark Xpress.
 
 
2. Program Aplikasi Pengolah Vektor/Garis

                Dipergunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, dan Micrografx Designer.

  3. Program Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar

                Digunakan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Perlu diperhatikan bahwa semua objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Selain itu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Yang termasuk dalam aplikasi ini, antara lain Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright Image, Pixelmator, Manga studio, Gimp, dan Pos Free Photo Editor.

 4. Program Aplikasi Pengolah Film/Video

               Digunakan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Seperti, pemberian judul teks pada karaoke, teks terjemahan, dll. Pada umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini, antara lain Adobe After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition, dan Camtasia.

 5. Program Aplikasi Pengolah Multimedia

                Digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia, misalnya berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya serta dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancang sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, Ezedia, Hyper Studio, dan Ovation Studio Pro.

 6. Pengolah 3 dimensi

                Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain Xara 3D, 3Ds Max, Houdini, Lightware, Blender, Pixar, Maya, Poser, dan AutoCad.

 7. Software tipografi
 Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain Fontographer dan AMP Font Viewer.

0 Response to "Pengertian Program Pengolahan Grafis"

Posting Komentar